Ciri Benih Ikan Yang Baik

1.Benih Berasal dari Unit Pembenihan Bersertifikat CPIB

Benih berkualitas dihasilkan biasanya dari hatchery (balai benih) yang menggunakan standart tinggi dalam pembenihan dan sesuai dengan kaidah-kaidah CPIB (Cara Pembenihan Ikan Yang Baik).

2. Sehat secara fisik dan tidak cacat

Secara visual kondisi benih yang akan di budidayakan bisa kita amati. Benih yang hendak di budidayakan haruslah benih yang sehat dan tidak cacat, baik cacat karena turunan maupun cacat karena luka atau terserang penyakit. 

Kriteria Benih yang sehat akan aktif bergerak dan akan merespon bila diberi rangsangan. Rangsangan Tersebut bisa kita lakukan dengan pemberian pakan. Apabila pakan tersebut langsung di santap maka benih bisa di pastikan baik. 

3.Ukuran Benih relatif seragam/sama

Benih yang mempunyai ukuran sama dapat memanfaatkan pakan lebih efisien karena tidak ada ikan yang selalu kalah bersaing dalam memperoleh makanan. 

Apabila benih tidak sama maka di kuatirkan yang besar akan mendapatkan porsi makan banyak sedangkan yang lebih kecil akan tertinggal pertumbuhannnya.

4.Respon terhadap Pemberian Pakan

Respon terhadap Pemberian Pakan mengindentifikasikan bahwa benih cepat mendapatkan rangsangan. Benih yang berkualitas akan merespon pemberian pakan dengan menyambarnya ketika diberi pakan. Gerak lincah dan aktif. 

5.Bebas dari Organisme Penyakit

Benih berkualitas bebas dari organisme penyakit seperti parasit, bakteri, jamur, atau virus.

6.Sesuai dengan Standar

Benih berkualitas dapat dikenali berdasarkan sifatnya dalam memenuhi kriteria kualitatif maupun kuantitatif (sesuai SNI).

Kriteria kualitatif adalah kondisi yang ditunjukan oleh benih berdasarkan asal-usul dan hasil pengamatan secara kasat mata. Benih yang baik merupakan hasil pemijahan yang bukan satu keturunan dengan bentuk tubuh yang normal dengan pergerakan aktif, bak terhadap arus air maupun terhadap rangsangan dari luar.

Kriteria kuantitatif dapat diketahui dari data umur, panjang, keseragaman ukuran, bobot minimal, serta keseragaman kelincahan gerakannya terhadap rangsangan dari luar dan terhadap arus air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s