kualits2

Benih Ikan Berkualitas

Semakin ketatnya persaingan jasa Penjualan/Distribusi Ikan sekarang ini membuat banyak penjual ikan yang menawarkan harga murah. Bahkan ada juga yang menjual benih dengan harga yang sangat murah dibawah standar yang pada akhirnya hal tersebut tentu mengakibatkan penurunan kualitas ikan maupun pelayanan.

Beberapa hal yang perlu diperhatihan ketika membeli ikan dengan harga yang sangat murah :

1. Kualitas Benih Ikan Yang Buruk
Untuk mendapatkan kualitas benih ikan yang terbaik, tentu saja membutuhkan biaya untuk induk berkualitas, pakan yang berkualitas, perawatan induk, serta pemijahan yang baik. Ketika kita mendapatkan benih ikan yang buruk, bukannya keuntungan yang kita dapatkan karena pemilihan kualitas benih ikan yang buruk adalah kesalahan utama dalam memulai budidaya ikan yang menyebabkan kegagalan.
2. Jumlah Benih Ikan Yang Tidak Sesuai
Tidak ada salahnya jika kita menghitung jumlah benih ikan yang kita pesan ketika sudah sampai di tangan kita. Karena hal ini juga sering dipermainkan oleh para penjual benih ikan, jumlah benih ikan dikurangi untuk dapat bersaing harga. Bahkan ada penjual yang menawarkan jumlah benih ikan melebihi kapasitas box dengan harga yang sangat murah. Dengan jumlah benih ikan yang melebihi kapasitas tiap box tentu saja harus diwaspadai, apalagi ditambah dengan penawaran harga yang begitu murah.
3. Ukuran Benih Ikan Yang Tidak Sesuai
Tidak sedikit penjual benih ikan yang memainkan ukuran benih. Misalnya benih ikan yang seharusnya berukuran 2-3 cm, namun si penjual mengatakan bahwa benih tersebut adalah ukuran 1-2 cm. Ukuran standar seharusnya sesuai dengan SNI ukuran ikan, Panjang total ikan dihitung dari ujung mulut sampai ujung ekor.

Fish_Length

Panjang total (Max total length)

4. Perawatan Benih Ikan Yang Tidak Sesuai Prosedur
Benih ikan yang baik jika tidak dirawat dengan baik maka akan menurunkan kualitas benih ikan tersebut, apalagi jika benih ikan dengan kualitas buruk dan tidak dirawat dengan baik.
5. Metode Pengiriman Benih Ikan Yang Tidak Sesuai Prosedur
Untuk menjaga keselamatan benih ikan ketika dikirimkan, perlu dilakukan lagkah-langkah dalam pengemasan. Benih ikan harus dipersiapkan (Pemanenan, Pemberokan, Sortir kualitas). Hal tersebut memerlukan biaya dan SDM yang kompeten di bidangnya. Banyak penjual benih ikan menghilangkan proses tersebut untuk menekan harga. Padahal proses-proses tersebut merupakan salah satu kunci keberhasilan saat ikan dibudidayakan.
6. Penipuan ( Benih Ikan Tidak Dikirimkan )
Penipuan merupakan kemungkinan terburuk ketika membeli benih ikan dengan harga sangat murah. Kita membeli barang yang sangat murah, namun kita tidak mendapatkan barang tersebut dengan berbagai alasan yang dibuat-buat oleh si penjual.

Hal-hal di atas harus kita perhatikan untuk keberhasilan budidaya ikan, karena pemilihan benih yang tepat adalah hal yang vital. Ketika kita hanya mengejar untuk mendapatkan benih ikan yang murah, seringkali justru kita dirugikan dari pembelian benih ikan yang berharga murah tersebut. Untuk pembudidaya pemula, pilihlah penjual benih ikan yang mau memberikan konsultasi secara terbuka.

*) bibitikan.net

Kua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s