Cara Agar Ikan Nila Cepat Besar Dan Panen

Budiaya ikan nila yang cepat besar sangat menguntungkan para pembudidaya. Banyak pembudidaya yang menginginkan cara agar ikan nila panen dalam waktu 3-4 bulan.

Sebenarnya cara itu bisa dilakukan. Mengingat banyak kemajuan dibidang peternakan. Maka hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan.

Namun cara yang baik budidaya ikan nila menjadi sarat mutlak agar ikan nila cepat besar yaitu dengan sistem pemeliharaan Monosex

Istilah monosex adalah pemeliharaan ikan hanya dengan satu jenis kelamin jantan saja. Dan bertujuan untuk mempercepat atau memperbesar keberhasilan budidaya ikan nila.

Untuk ikan nila, jenis kelamin yang banyak dipakai dalam sistem monosex adalah ikan yang berjenis kelamin jantan.
Hal ini dikarenakan ikan nila jantan lebih cepat pertumbuhannnya dibanding dengan ikan betina karena ikan nila jantan lebih berfokus pada pertumbuhan bukan pada perkembangbiak-kan seperti ikan nila betina.

Namun untuk masalah pakan tetap sama saja. Tidak ada yang membedakan. Tetap seperti rumus awal yaitu 10% dari berat bobot ikan.

Dengan teknik monosex maka ikan nila dapat dipanen hanya dalam waktu 3-4 bulan saja. Dengan kisaran bobot mencapai 400 sampai 550 gram per ekor.
Tentu dengan hasil seperti itu akan menambah keuntungan bagi para pembudidaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s