Potensi Budidaya Ikan Air Tawar di Samosir Besar

Banyak daerah di Indonesia yang mempunyai potensi yang sangat besar untuk budidaya ikan air tawar, namun belum sepenuhnya tergarap dengan maksimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Samosir sebagai pemilik terluas permukaan air Danau Toba, potensi sektor perikanan yakni ikan tawar seperti ikan mas, di Samosir sangat besar, tetapi tampaknya belum digarap secara maksimal. Samosir yang semestinya mampu mengembangkan bisnis pendulang uang pada sektor perikanan air tawar, tapi kenyataannya masih memasok ikan mas dari Pematangsiantar dan Simalungun.

Kabupaten Samosir menjadi salah satu tujuan pemasaran terbesar ikan mas dari Simalungun dan Pematangsiantar. Tiap hari tiga unit kendaraan beroda enam menghiasi Pasar Pangururan, menurunkan ikan mas dari daerah tetangga untuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Samosir.

S Naibaho pedagan ikan segar di Pasar Tajur, mengatakan setiap harinya order ikan mas dari Pematangiantar dan Simalungun 1.000 kg. Belum lagi puluhan penampung ikan mas di berbagai kecamatan di Kabupaten Samosir ini. Hal ini menunjukkan bahwa daerah ini sudah menjadi salah satu target pemasaran yang luar biasa untuk jenis ikan mas.

“Permintaaan pasar ikan mas, seakan sebagai pemandangan biasa bagi Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkab Samosir yang persis dekat dengan Pasar Tajur. Kejadian ini tidak pernah terpikirkan Pemerintah Kabupaten Samosir untuk melakukan suatu gebrakan pembangunan serta menjadi salah satu sumber penghasilan petani dengan didukung oleh areal perikanan dan pengairan yang cukup khusus untuk wilayah Samosir,” kata Naibaho.

Hal senada juga dikatakan pedagang ikan mas, Saulina Situmorang. Dikatakan Pemkab Samosir setengah hati atau hanya membuat program tahunan yang hanya untuk menjalakan roda pemerintahan di bidang perikanan tanpa melihat potensi dan sumber daya alam yang menjanjikan tersebut dikelola dengan baik.

Seorang petani ikan di Kecamatan Pangururan, Bonar Naibaho, menuturkan, kalau program pemerintah dalam rangka peningkatan penghasilan warga di bidang perikanan ikan tawar, baik itu jenis pembibitan dan pembesaran sepertinya belum dipikirkan.

“Potensi alam ini diharapkan dijadikan Pemkab Samosir sebagai sumber pertumbuhan ekonomi warga yang bisa meningkatkan perekonomian daerah di bidang perikanan untuk mencipatakan kesejahteraan,” harap Bonar Naibaho.

sumber : medanbisnisdaily

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s