Inovasi Tulang Lele Jadi Keripik Bergizi Dari Mahasiswa UNY

Tulang ikan lele yang selama ini hanya dianggap sebagai limbah makanan, ternyata dapat dikreasikan menjadi hidangan yang nikmat dan bergizi. Di tangan, mahasiswa Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rudi Haryanto, tulang kepala ikan lele disulap menjadi camilan enak bergizi tinggi.

Rudi menamakan produknya Dolale yang merupakan singkatan dari Dolar Kepala Lele. Dolale ialah produk makanan ringan semacam keripik yang terbuat dari tulang kepala lele dan tepung casava.

“Keunggulan Dolale adalah murni produk lokal yang mengandung kalsium dan fosfor dari kepala lele. Selain itu, produk ini juga bebas dari gluten karena menggunakan tepung casava,” ujar Rudi, seperti disitat dari situs UNY, Minggu (1/12/2013).

Dia menjelaskan, cara pembuatan produk tersebut yang terdiri dari beberapa langkah. Pertama, dalam sebuah wadah, campur tepung kepala lele, tepung casava, gula pasir, dan garam. Aduk rata dan buat cekungan di tengahnya. Kemudian tuang telur pada cekungan tadi, aduk searah memutar sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan cair.

“Lalu tambahkan chop parsley secukupnya. Setelah diaduk rata, cetakan kue semprong panas dibuka, tuang di tengahnya satu sendok teh adonan. Tutup cetakan, biarkan lima menit kemudian buka, angkat dan dinginkan sebentar supaya mengeras. Terakhir kemas dalam wadah tertutup,” beber Ketua Hima Boga dan Busana FT UNY itu.

Inovasi di bawah bimbingan Dosen Fitri Rahmawati itu bahkan dinobatkan sebagai juara pertama pada Lomba Inovasi Pengembangan Produk Hasil Perikanan besutan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), belum lama ini. Atas kemenangan tersebut, Rudi pun semakin percaya diri untuk segera memasarkan Dolale ke masyarakat luas.

“Dengan bermodalkan juara ini, saya semakin percaya diri untuk memasarkan produk ini dengan harga Rp13 ribu untuk yang kemasan 200 gram dan Rp1.000 untuk satu bungkus berisi lima biji,” tutup Rudi.

sumber: okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s