Gubernur Kalteng Panen 2 Ton Ikan Nila

Agustin Teras Narang, Gubernur Kalteng berkesempatan melakukan panen ikan nila hasil budidaya masyarakat Kabupaten Katingan secara simbolis. Hasil panen ikan nila kali ini diperkirakan mencapai sekitar 2 ton yang langsung siap jual kepada produsen.

Saat panen, Teras didampingi Bupati Katingan Ahmad Yantengli dan Wakil Bupati Sakariyas serta kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalteng Darmawan. Selain itu, hadir pula sejumlah kepala SKPD Provinsi terkait.

Melihat hasil budidaya dari kelompok Budidaya Ikan Rama Mandiri cukup membanggakan, membuat Teras sangat tertarik untuk terus mengembangkan perikanan dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Kita sudah melihat potensi dari Katingan, ikan nila yang siap panen langsung ada pembelinya,” kata Teras, usai panen ikan di keramba milik kelompok budidaya ikan.

Teras mengharapkan agar keberhasilan itu terus ditingkatkan dengan baik. Dengan begitu, daerah ini ke depan dapat dijadikan penghasil ikan nila bagi wilayah Kalteng.

Supaya potensi terus berkembang, ia meminta Bupati Katingan beserta jajaran terkait lebih memaksimalkan pengembangan budidaya ikan nila tersebut. Keramba yang sudah ada sekarang dapat ditambah lagi dengan kerja sama instansi terkait, khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, Teras meminta masyarakat ikut menjaga kondisi air Sungai Katingan dari bahaya pencemaran. Sebab akibat pencemaran akan berpengaruh pada budidaya ikan yang ada di daerah setempat.

“Khususnya menjaga aktivitas pertambangan liar yang ada di aliran sungai agar tidak mencemarkan sungai. Karena dampaknya akan merugikan kita semua,” jelasnya.

Selain budidaya ikan yang bisa dikonsumsi, Katingan juga berpotensi untuk mengembangkan berbagai jenis ikan hias, salah satunya jenis ikan Botia.

Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, sudah mulai uji coba budidaya ikan hias jenis botia ini. Jenis ikan hias tersebut diperkirakan memiliki nilai jual tinggi.

Teras didampingi Yantengli dan Sakariyas berkesempatan meninjau Balai Benih Ikan (BBI) hias yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Kasongan. Teras juga sempat berdialog dengan pengelola BBI terkait potensi ikan hias yang sedang diuji coba di tempat itu.

Terhadap semua potensi yang ada, Teras mengharapkan agar terus ditingkatkan. Dengan potensi itu Katingan ke depan akan menjadi salah satu tempat budidaya ikan hias yang dapat dijadikan pusat di wilayah Kalteng.

(sumber: hariantabengan.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s