Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Mataram Masih Rendah

Kepala Dinas Prikanan dan Kelautan Kota Mataram, H L Mazhuriadi mengatakan tingkat konsumsi ikan masyarakat di Kota Mataram sampai saat ini tergolong masih sangat rendah.

Padahal sebagaimana diketahui, ikan memiliki nilai gizi dan protein yang cukup tinggi bagi kecerdasan otak, khususnya pada anak-anak.

Selain itu, Mazhuriadi juga menilai rendahnya tingkat konsumsi ikan pada masyarakat di Kota Mataram selain disebabkan harga ikan yang sedikit mahal, juga disebabkan karena masih kurangnya pemahaman sebagian besar masyarakat kelebihan dan manfaat bisa didapatkan dengan banyak mengkonsumsi ikan.

“Dinas Prikanan dan Kelautan, akan terus mencoba berupaya mendorong kesadaran masyarakat akan manfaat mengkonsumsi ikan,  baik melalui kegiatan penyuluhan, seminar maupun dengan menggandeng berbagai kalangan untuk memberikan pemahaman dan penyadaran secara lansung kepada masyarakat.” ungkapnya Kamis (10/01/2013).

Menurut Mazhuriadi, semakin banyak pusat kuliner berbahan dasar ikan secara tidak langsung semakin memotivasi masyarakat mengkonsumsi ikan.

“Kita ketahui NTB daerah potensial penghasilan ikan tapi sayang tingkat konsumsi ikan masih rendah.” ujarnya.

Ia mengatakan, secara nasional pemerintah telah mencanangkan gerakan gemar makan ikan sebagai bagian dari upaya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) yang ditindaklanjuti dengan pembentukan Forikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s