Satu kolam hasilkan 1ton ikan air tawar

Budidaya ikan air tawar di lokasi pengembangan perikanan Desa Malinau Seberang Kecamatan Malinau Utara, banyak petani ikan yang berhasil serta menggantungkan hidupnya pada budidaya ikan air tawar. Sekarang ini lokasi itu sudah jadi satu diantara sumber perekonomian orang-orang yang menjanjikan. Pada lokasi itu ada seputar 150 kolam ikan punya 60-an warga yang tergabung dalam 6 grup tani. “Satu orang ada yang mempunyai 2 hingga 3 kolam, ” jelas Sangat salah seseorang yang memiliki kolam.

Sekarang ini, jelas Sangat, sekurang-kurangnya 40 dari 150 kolam punya warga itu telah produktif. “Sudah siap dengan ikan yang bisa dipanen, ” tambah Sangat. Terdapat banyak type ikan yang di kembangkan di kolam-kolam punya warga disana, diantaranya patin, bawal, nila, serta ikan mas. “Yang telah normal ikan patin, nila, serta bawal. Ikan mas masih tetap kami cobalah, ” kata Sangat. Menurut Sangat serta beberapa yang memiliki yang lain, yang paling mengundang selera adalah potensi ian patin. Dibanding dengan type ikan yang lain, ikan patin mempunyai prospek pasar yang semakin besar.

Mengingat peluangnya yang cukup besar tidak heran bila sebagian besar anggota KP Tani disana jadikan ikan patin juga sebagai unggulan pada kolam mereka. Sangat sendiri yang mempunyai 7 buah kolam mengakui mampu menghasilkan s/d 5 ton sekali musim panen yang dalam 1 th. dapat 2 kali. “Masa panen 6-7 bln. untuk ikan patin. Itu untuk ukuran standard, ” tuturnya. Bila semua kolam punya warga telah produktif, paparnya, jadi hasil panen bakal jauh semakin besar lagi.

Mengingat minimnya.kurang tersedianya daya serap pasar lokal, beberapa yang memiliki mesti lakukan panen dengan system bergilir. “Satu-catunya jalan sesaat ini dengan system bergilir lantaran pasar di Malinau cuma dapat menyimpan 200 kg /hari, ” jelas Sangat. Cara itu dikerjakan supaya beberapa yang memiliki kolam yang kolamnya telah dapat dipanen dengan cara berkala beroleh pendapatan dari kolamnya. Terkecuali pasar Malinau, paparnya lagi, pemasaran juga telah tiba ke Kabupaten Tana Tidung (KTT) serta Mensalong serta sekitarnya (Nunukan). Cuma, kekuatan pasar di 2 kabupaten ini juga terbatas. “Paling satu hari 100 kg. Itu untuk KTT serta Mensalong, ” paparnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s