Wanda Berhasil Tetaskan 10.000 Bibit Ikan Baung

BANGKAPOS.COM, BANGKA— Ikan baung sangat diminati. Walau harganya relatif mahal, namun sangat dicari oleh para konsumen. Sayang, populasi ikan ini sangat langka, hanya dapat dijumpai di sungai-sungai tertentu di pelosok pedesaan.

Inilah yang menjadi latar belakang, Suhada alias Wanda melakukan ujicoba perkawinan buatan pada ikan baung. Hasil uji coba perdana, ia berhasil memijahkan sekitar 10.000 benih yang siap dipasarkan dalam bentuk bibit siap tebar di kolam budidaya petani.

Berbekal sebidang tanah berbentuk kolong bekas penambangan timah (eks TI) di kawasan ujung Gang Mentawai Air Pengabis, Desa Karyamakmur, Kecamatan Pemali, Wanda meniti usahanya, 2010 silam. Lahan yang nyaris tak perpakai sekitar 0,5 hektare itu ia beli dari warga setempat dengan harga Rp 4 juta.

Awalnya, kolam itu ia tebar dengan berbagai jenis bibit ikan, lele, gurami, patin dan jenis lainnya. Lambat laut, tempat ini jadi kolam pemancingan, walau dengan prasarana seadanya. Seiring waktu, ternyata peminat ikan air tawar di Bangka semakin membludak.

Hingga suatu ketika, naluri bisnis Wanda kembali tergelitik. Apalagi banyak konsumen yang bertanya padanya soal ikan baung. Sementara faktanya, ikan baung hanya bisa didapat dari para pemacing lokal di sungai-sungai pelosok pedesaan, itupun dalam jumlah terbatas.

“Nah, sejak itulah saya berupaya untuk memijahkan ikan baung, membuat benih atau bibit ikan baung melalui perkawinan buatan,” katanya.

Ternyata usaha Wanda tak sia-sia. Ujicoba yang baru saja ia lakukan di kolamnya berhasil.

“Ngawin ikan baung, awal Januari 2015 ini, baru mulai belajar. Tapi hasilnya saya sudah berhasil menetaskan telur ikan baung menjadi bibit ikan sekitar sekitar sepuluh ribu ekor,” kata Wanda mengaku, mulai kebajiran pesanan bibit ikan baung dari konsumen.

 

Penulis: ferylaskari
Editor: Hendra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s