Bangka Tengah Genjot Budidaya Ikan Air Tawar

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Pemkab Bangka Tengah terus mengembangkan budidaya ikan air tawar yang dinilai kian prospektif. Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman meninjau pengembangan budidaya ikan air tawar Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Tengah di Balai Benih Ikan (BBI), Rabu (29/4/2015).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Erzaldi melihat langsung indukan ikan nila dan patin yang nantinya akan dijadikan indukan produksi bibit ikan untuk diberikan kepada masyarakat Bangka Tengah. Langkah ini diambil seiring kian meningkatnya konsumsi masyarakat setempat.

“Sekarang masyarakat sudah mulai terbiasa mengonsumsi ikan air tawar. Kini ikan air tawar memiliki prospek untuk dikembangkan ke depannya, terutama ikan nila dan patin, dengan indukan berkualitas yang dihasilkan Dinas Kelautan dan Perikanan yang diharapkan nantinya bisa menghasilkan bibit ikan yang bermutu,” kata Erzaldi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Tengah, Dedy Muchdiyat menjelaskan produksi ikan air tawar terus meningkat setiap tahun seiring masyarakat yang kian giat menggalakkan pembudidayaan ikan air tawar.

Upaya untuk menambah produktivitas pembudidayaan ikan air tawar tersebut dapat dilakukan dengan mengoptimalkan fungsi Balai Benih Ikan (BBI) dan unit pembenihan rakyat.

“Dengan adanya panen indukan ikan nila dan patin ini diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan air tawar di Bangka Tengah ke depannya. Pada prinsipnya kami terus mendorong masyarakat untuk menggalakkan pembudidayaan ikan air tawar dengan melakukan penyuluhan dan penyaluran bibit,” ujarnya.

Dedy menjelaskan, jenis ikan air tawar yang memiliki prospek untuk dikembangkan antara lain ikan patin, lele, nila, gurame, baung, dan bawal.

“Memang belum semua masyarakat yang gemar mengonsumsi ikan air tawar atau masih kalah dengan tingkat kebutuhan warga terhadap ikan laut. Namun ini bisa meningkat seiring banyaknya pembudidayaan ikan air tawar, terutama saat ini ikan jenis nila dan patin,” ujarnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kelebihan stok ikan air tawar, masyarakat juga dibina untuk membuat industri rumahan pengolahan berbahan baku ikan air tawar. Saat ini, produk seperti abon ikan kian diminati konsumen. “Saya yakin pembudidayaan ikan air tawar bisa menjadi usaha alternatif bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” katanya.

 

Penulis: Dody
Editor: Hendra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s