International Workshop on Community Based Capacity Building on Freshwater Aquaculture for Member States – South South Cooperation

Sebagai bagian dari dukungan Indonesia terhadap South-South Cooperation (Kerja Sama Selatan-Selatan) dan komitmen Indonesia untuk berperan dalam kancah pembangunan ekonomi masyarakat dunia, Kementerian Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan pelatihan internasional bagi negara-negara sahabat. Pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia untuk aktif dalam pembentukan keseimbangan pembangunan ekonomi dengan memperkuat dan meningkatkan hubungan ekonomi negara-negara berkembang yang menjadi tujuan dari kerja sama Selatan-Selatan. Pada kesempatan ini Badan Pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Dejeefish, , menyelenggarakan International Workshop on Community Based Capacity Building on Freshwater Aquaculture for Member States – South South Cooperation tanggal 10-18 Oktober 2015, di Sukabumi, Jawa Barat.

Pada pelatihan ini para peserta terdiri dari 9 orang dari kawasan Asia Pasific (Malaysia, Kamboja dan Fiji) serta 5 orang dari Indonesia, komposisi peserta berlatar belakang Pembudidaya dan Penyuluh,  bertempat di Hotel Anugrah Sukabumi dan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Dejeefish Sukabumi. Materi pelatihan adalah kombinasi materi teori dan Praktek mengenai Budidaya Ikan Lele, Nila dan Gurame. Selain itu, dilakukan pula sesi country report, Sharing/diskusi Interaktif yang dikemas dengan suasana menyenangkan.  Para peserta juga diajak Field Trip ke lokasi P2MKP Mina Balita yang bergerak dalam bidang pengolahan hasil Perikanan dan dilanjutkan dengan mengunjungi kawasan Perikanan waduk Cirata/KJA.

Bagi P2MKP Dejeefish sendiri, ajang ini merupakan salah satu bentuk pembuktian bahwa lembaga P2MKP sekarang telah menjadi lembaga yang profesional dalam menyelenggarakan pelatihan Internasional sekaligus juga sebagai media promosi lembaga P2MKP secara umum. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kerjasama bisnis perikanan antar negara-negara peserta. Atas dasar itu pula, dibentuk suatu wadah komunikasi antar peserta dalam bentuk Freshwater Fisheries of Asia Pacific Community yang bertujuan sebagai tempat komunikasi, sharing Informasi dan jejaring bisnis antar peserta.

pesr

Foto bersama pada acara opening ceremony

IMG_4063

Team P2MKP Dejeefish bersama Peserta International Workshop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s