Lele Mutiara

Penelitian varietas baru dari lele terus dilakukan, seperti yang dilakukan oleh Balai Penelitian Pemulian Ikan Sukamandi Subang Jawa Barat yang menciptakan varietas lele baru yang lebih unggul dari pada lele lainnya. Lele varietas baru ini diberi nama LELE MUTIARA.

Keunggulan Lele Mutiara ini adalah irit penggunaan pakan sehingga menekan pengeluaran biaya dalam pemeliharaan.  Angka rasio Konversi pakan ( FCR ) hanya 0,8. Sedangkan lele yang lainnya menpunyai nilai FCR yang masih besar yakni antara 1 – 1,2. FCR dalam budidaya ikan itu adalah penentu keberhasilan dalam pemeliharaan. FCR menyatakan kebutuhan pakan utuk membentuk 1 Kg daging. Dengan kata lain dalam 1 kilo gram daging ikan lele hanya dibutuhkan  pakan 800 gram.

Keunggulan Lele Mutiara yang kedua adalah panen singkat dengan arti lain pemeliharaan dengan cukup 50 hari sudah panen. Para pembudidaya yang melakukan penebaran ikan dengen ukuran bibit 7-8 cm akan panen pada 50 hari selanjutnya. Kalau pada lele lainnya dengan ukuran bibit yang sama 7-8 cm  akan panen pada 60 hari selanjutnya.

Keunggulan lele Mutiara yang ketiga adalah tahan terhadap penyakit. Menurut Penelitian dari Balai Penelitian dan Pemuliaan Ikan (BPPI) tahan terhadap penyakit Aeromonas sp. Ini dibuktikan dari BPPI saat merendam Lele Mutiara didalam bakteri Aeromonas sp selama 60 jam hanya 30% yang mati. Sementara varietas lele lain direndam dalam bakteri Aeromonas spmati semua. Lele Mutiara menjadi daya tarik oleh peternak karena mempunyai keunggulan yang paling baik dibanding varietas lainnya. Lele Mutiara di publikasikan pada Bulan Oktober tahun 2014 dan diresmikan oleh Menteri KKP Sharif Cicip Sutarjo

(Budilaksonoputra)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s